Mengenal Penyakit Diabetes


Apa Itu Diabetes?

Istilah Diabetes Pertama Kali dipakai oleh Artaeus dari Cappa – Docia pada abad ke-2. Yang dalam bahasa Yunani yaitu shipon ( terus menerus kencing ). Artaeus menggambarkan orang yang terkena penyakit ini sering kencing dan merasa haus yang berlebihan.
            Diabetes merupakan gangguan keseimbangan antara transportasi glukosa kedalalam sel, glokosa yang disimpan dari hati dan glukosa yang dikeluarkan dari hati. Akibatnya kadar glukosa dalam darah meningkat. Kelebihannya ini dikeluarkan melaui urin. Oleh karena itu urin menjadi banyak dan mengandung gula. Penyebabnya yaitu pertama pangkreas tidak mampu lagi memproduksi insulin. Kedua, sel tidak memberi respon kepada kerja insulin sebagai kunci untuk membuka pintu sel sehingga glukosa tidak bisa masuk kedalam sel.
Di Negara Maju seperti Amerika dari sekitar 16 orang penderita diabetes, hamper 7 juta diantaranya baru menyadari dirinya terkena diabetes setelah mereka mengalami komplikasi akibat diabetes. Sedangkan dinegara Asia lebih dari 50 persen bahkan ada mencapai 85 persen penderita diabetes mengalami hal serupa. Khusus Singapura angkanya hanya 20 persen saja.
Macam Diabetes ada terbagi menjadi 2 yaitu:
1.      Diabetes Tipe 1
Diabetes tipe 1 muncul karena pangkreas sebagi penghasil insulin tidak dapat memproduksi insulin lagi. Akibatnya insulin pada tubuh tidak ada, sehingga glucose akan menumpuk didalam darah dan tidak bisa diangkut kedalam sel. Dibetes tipe ini biasa disebut juga insulin-dependent diabetes karena sipasien sangat tergantung pada insulin.
2.      Diabetes tipe 2
Diabetes tipe ini biasanya sering dijumpai pada usia diatas 40 tahun. Ada juga yang timbul diatas 20 tahun.
3.      Diabetes pada Masa Kehamilan
Diabetes yang muncul pada mas kehamilan disebut juga sebagai diabetes tipe gestasi atau gestational diabetes. Keadaan ini terjadi Karena pembentukan beberapa hormon pada ibu hamil yang menyebabkan resistensi insulin.

Siapa Saja Yang Mudah Terkena Diabetes ?

1.      Faktor Keturunan

Kemungkinan terkena diabetes lebih besar apabila ibu, ayah, kakak, mengidap diabetes. Sekitar 50 persen pasien diabetes tipe 2 mempunyai orang tua pengidap diabetes. Dan lebih dari sepertiga pasien diabetes mempunya saudara yang mengidap diabetes.

2.      Ras atau Etnis
Beberapa ras tertentu, seperti suku Indian di Amerika, Hispanik, dan orang Amerika di Afrika , mempunyai resiko yang lebih besar terkena diabetes tipe 2. Orang Asia di Cina, filiphina, Jepang, India, Korea, dan Vietnam, serta kepulauan Pasifik seperti Hawaii, Samoa, dan Guaman memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes.

3.      Obesitas
Kegemukan juga merupakan factor timbulnya diabetes, factor resiko ini perlu diperhatikan. Melonjaknya tipe diabetes 2 terkait dengan obesitas. Lebih dari 8 diantara 10 penderita diabetes tipe 2 adalah mereka yang obesitas, yaitu kelewat gemuk. Mengapa demiikian? Karena semakin banyak jaringan lemak pada tubuh maka akan menghambat kerja insulin. Sehingga glucose tidak dapat diangkut kedalam sel dan menumpuk didalam darah.

4.      Kurang Bergerak

Pergerakan badan sangat berpengarug terhadap diabetes. Semakin kurang bergerak semakin beresiko terkena diabetes. Aktifitas pisik mengontrol badan sehingga tidak terjadi obesitas salah satu factor timbulnya diabetes juga. Dengan bergerak glucose badan dibakar menjadi energy. Sel –sel tubuh menjadi sensitive terhadap insulin. Predaran darah akan menjadi lebih baik dan terjadinya diabetes tip 2 akan menurun 50 persen.


Diabetes Apakah Bisa Di cegah?

Sebagian penyakit bisa di cegah tidak terkecuali penyakit diabetes ini. Setiap tipe penyakit diabetes ini beda pula cara pencegahannya.

Pencegahan terhadap Diabetes Tipe 1
Pencegahan ada 2 cara yaitu Pencegahan Primer dan yang kedua Pencegahan Skunder. Yang dimaksud dengan pencegahan primer yaitu pencegahan yang dilakukan sebelum terjadinya penyakit artinya sebelum kena diabetes. Kemudian pencegahan skunder yaitu pencegahan yang dilakukan pada saat sudah terjadi agar supaya tidak terjadi komplikasi terhadap organ – organ tubuh lainnya.
Pada pencegahan skunder ini perlunya kita berkonsultasi dengan dokter dan melakukan kontrol terhadap asupan makanan sehingga kadar gula menjadi baik.

            Dibeberapa Negara yang sering terjadi diabetes tipe 1 dilakukan pemeriksaaan DNA pada anak, apabila didapatkan genetik yang sifatnya mudah terkena diabetes akan dilakukan vaksinasi lebih lanjut agar tidak terkena virus yang merusak pangkreas. Selain itu diberikan beberapa obat seperti obat steroid atau cytotoxic untuk menghambat proses otoimun yang merupakan penyebab terjadinya diabetes tipe 1. Selain itu juga perlunya penggunaan Insulin dalam dosis yang sesuai

Pencegahan Terhadap Diabetes Tipe 2

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan yaitu mengontrol berat badan yang berlebihan, diet kalori, mengkonsumsi makanan kaya serat, dan tentunya terus bergerak dan berolah raga sebagai pembakar lemak dan gula dalam tubuh.


Mungkin itu saja tips dan info dari saya, semoga membentu.



Sumber :  buku  diabetes karangan Hans Tandra

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Penyakit Diabetes"

Post a Comment