BUAH PACE YANG BERKHASIAT


Buah Pace biasa disebut mengkudu ini banyak manfaatnya. Secara tradisional pace telah digunakan sebagai berbagai macam pengobatan tradisional baik itu di Indonesia dan beberapa Negara Asia Tenggara. Berbagai bagian dari tumbuhan ini banyak manfaatnya seperti buah, daun, dan akar yang banyak di gunakan sebagai obat. penurun tekanan darah, batuk , gangguan pernafasan, maag, luka, bisul, wasir, dan reumatik.
Zat –zat yang di kandung pada mengkudu memiliki kemampuan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan zat -  zat penting lainnya yang di perlukan oleh tubuh seperti asam askobat dan asam kaprilat. Selain itu juga buah mengkudu ini zat scopoletin yang mengikat seretonine salah satu zat penting dalam butir darah yang melapisi jalur pencernaan dan otak. Serotonin ini perperan penting pada otak sebagai neurotransmitter dan sebagai pencetus hormone melatinin yang memainkan peranan dalam aktivitas tubuh.
Kandungan zat yang terdapat pada mengkudu :
-          Morinda Diol
-          Morindone
-          Morindin
-          Damnacanthal
-          Metal acetat
-          Asam kapril
-          Sarandiyiol
-          Galaktosa
-          Rhamnosa
-          Asam asperulosidat
-          Antrakinon
-          Balanofonim
-          Skopoletin
-          B-sitosterol
-          Vanillin.

Manfaat Mengkudu di Antaranya  :
1.      Anti Diabetes
2.      Anti Hipertensi
3.      Hiperkolesterol
4.      Anti bakteri
5.      Anti TBC
6.      Pelancar BAB ( Buang Air Besar )
7.      Batuk dan Demam

Penelitian terhadap mengkudu oleh Prof. Neil. Solomon, MD,. Phd dari John Hopkins Medikal Institut, menyatakan bahwa 78 % dari pengguna buah mengkudu ini telah mendapatkan manfaatnya dan berhasil mengobati penyakit yang dideritanya seperti kangker, kolesterol tinggi, jantung, gangguan pencernaan, diabetes , dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Pada tahun 1992, Hirazumi seorang peneliti dari Universitas of Hawai melaporkan aktivitas anti kanker dari sebuah endapan alkohol jus buah mengkudu, disimpulkan bahwa endapan alcohol jus mengkudu dapat menekan pertumbuhan tumor secara tidak langsung dengan meningkatkan system kekebalan pada tubuh.
Perasan daging buah mengkudu memberikan perubahan yang sangat berarti pada jantung yaitu menurunkan kekuatan kontraksi otot jantung, menurunkan kecepatan denyut jantung dan menaikan jumlah aliran darah aorta terpisah.
Penilitian unit bidang ilmu Farmakologi-Toksikologi Farmasi ITB Bandung, telah menguji aktifitas anti diabetes ekstrak buah mengkudu dengan metode tolerasi glucose pada tikus menunjukan bahwa  dengan dosis 500 dan 1000 mg/kg bb kadar glukosa serum menurun
Ekstrak etanol pada daun mengkudu memperlihatkan aktivitas antheminitik yang mampu membunuh parasit Ascaris lumbricoides dalam satu hari. Mengkudu juga telah digunakan sebagai suatu inseksida yang efektif di philipina dan Hawaii.
Hasil penelitian lain menunjukan, scopoletin pada mengkudu manghambat aktivitas E coli, dan juga buah mengkudu mencegah timbulnya ulkus lambung karena menghambat bakteri H.pylori.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUAH PACE YANG BERKHASIAT"

Post a Comment