System Peredaran Darah & Fungsi Darah Dalam Tubuh







Apa yang di lakukan Darah Dalam Tubuh Manusia
Darah Merupakan kombinasi dari plasma (cairan ) dan sel yang mengambang didalamnya. Fungsi darah pada tubuh sangatlah penting, seperti gula, oksigen dan hormon. Selain itu darah juga sebagai pembawa limbah keluar dari sel – sel tersebut berupa tinja, air seni, nafas berupa karbon dioksida, dan keringat.
Dimanakah Sel darah Merah di buat?
Sel darah pada dalam tubuh di buat dalam sum – sum tulang dimana terdapat pada rongga tulang. Bagian penting dari sum – sum tulang yang melibatkan pembentukan darah berada di tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, dan tulang pinggang. Pada bayi dan anak -  anak pembentukan darah terjadi di seluruh tulang pada tubuhnya. Tetapi pada orang dewasa pembentukan darah pada tulang belakang, tulang rusuk, tulang panggul, tengkorak, dan tulang dada.
Macam – macam golongan darah pada Manusia
Pada Tahun 1901, Dr. Karl Landsteiner menemukan emapat jenis golongan darah manusia, dan menamakannya A, B, AB, dan O. Dan setiap manusia memiliki satu dari empat golongan tersebut, dimana setiap golongan darah memiliki rhesus ( RhD), baik itu positif (Rh+) maupun ( Rh-).

Manfaat Mengetahui Golongan Darah Sejak Dini
Golongan darah dapat dikatakan sebagai identitas diri yang sudah kita miliki didalam kandungan.
Apa manfaat kita mengetahui golongan darah yang kita miliki sejak dini :
1.     Terhindar dari kesalahan Medis
Pentingnya mengetahui golongan darah untuk mengetahui resiko anda menerima golongan darah yang tidak cocok pada saat anda membutuhkannya. Seperti pada saat operasi, apabila dua jenis darah di campur dapat menyebabkan penggumpalan darah, dimana hal tersebut sangatlah fatal.

2.     Mencegah ketidak cocokan Rhesus.

Rhesus adalah protein ( antigen ) yang terdapat di permukaan darah. Mereka yang mempunyai faktor protein , disebut rhesus positif. Sedangkan yang tidak memiliki faktor protein, disebut rhesus negatif.
Pemilik rhesus negatif tidak boleh ditranfusi dengan darah rhesus positif. Ini dikarenakan sistem pertahanan tubuh si reseptor (penerima donor) akan menganggap darah (rhesus positif) dari donor itu sebagai “benda asing” yang perlu dilawan seperti virus atau bakteri.

3.     Mempermudah Donor Darah

Untuk mengetahui golongan darah bisa melalui tes laboraturium dimana salah satu alasan yang paling penting sehingga pada saat donor darah sangat mudah dilakukan untuk membantu orang lain yang membutuhkan darah.

4.     Membantu Proses Diet.

Dengan mengetahui apa golongan darah yang kita miliki, sehingga dapat dengan mudah untuk melakukan diet golongan darah, yang dikonsentrasikan untuk mengetahui jenis makanan yang tepat sehingga meningkatkan derajat kesehehatan yang kita miliki.


Apa Sebenarnya Fungsi darah :
Darah memiliki fungsi penting dalam tubuh yaitu :

1.     Mengangkut oksigen
Pada saat kita bernafas kita mengikat oksigen dan di edarkan oleh darah tersebut ke seluruh tubuh kita. Tentunya melaui pembuluh darah dan jantung.
2.     Mengedarkan Hormon
Tak hanya Oksigen, darah juga mengedarkan Hormon. Hormon tersebut akan diseleksi kelenjar eksokrin. Hormon  yang tidak bermanfaat akan dibuang melaui saluran khusus, sedangkan yang berguna akan dialirkan keseluruh tubuh.
3.     Mengedarkan Nutrisi
Melewati alat pernafasan darah mengalir didalam tubuh. Melaui pembuluh nadi. Darah mengangkut  sari – sari makanan yang berasal dari serapan oksigen. Selain itu darah mengedarkan vitamin, protein, dan karbohidrat yang kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi.
4.     Melawan Kuman dan Bakteri
Didalam darah terdapat berbagai sel yang menjaga metabolism tubuh. Sel –sel darah tersebut akan menyerang kuman atau benda asing yang yang masuk kedalam aliran darah. Apabila sel darah tidak sanggup melawan benda asing tadi maka tubuh kita akan terserang penyakit. Dan sebaliknya.
5.     Mengatur Limbah Oksidasi
Limbah oksidasi yaitu karbon dioksida ( CO2) dimana akan diangkut juga oleh darah keluar melaui hidung pada saat kita mengeluarkan nafas keluar.
6.     Mengatur Suhu Tubuh.
Hasil dari oksidasi tersebut menghasilkan panas pada tubuh. Jika oksidasi berjalan dengan proses yang baik maka suhu tubuh akan normal.
7.     Menyembuhkan Luka
Bagian darah yang disebut trombosit sangan berperan dalam menyembuhan luka yang ada di kulit. Trombosit akan memproduksi sejenis zat yang dapat membentuk darah menjadi beku. Setelah membeku darah berlahan –lahan akan menutup luka.



Sumber Artikel :
* Buku Diet Sehat mudah berdasarkan Golongan Darah
* https://www.rhesusnegatif.com/article-detail.php?id=45

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " System Peredaran Darah & Fungsi Darah Dalam Tubuh"

Post a Comment