Khasiat Daun Kelor


Siapa yang tidak tau dengan jenis sayuran yang satu ini yang biasa banyak dikonsumsi oleh masyarakat disekitar kita yaitu kelor.  Moringa Oleifera (kelor) merupakan nama latin dari tanaman kelor. Ternyata daun kelor ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, dan memang sejak zaman dahulu sudah banyak penelitian tentang kandungan didalam daun kelor. Kasiat yang dimiliki daun  ternyata tidak hanya diketahui oleh masyarakat kita tetapi, sejak zaman dahulu orang luar negeri sudah melakukan penelitian demi penelitian  tentang manfaat daun ajaib ini.
Daun yang biasanya di masak oleh beberapa ibu rumah tangga sebagai makanan berjenis sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah. Diantaranya daun kelor ini mengandung senyawa glikosida yang mengandung sulfide. Selain itu terdapata zat aktif diantaranya kuersetin, kaemferol, dan asam kafeat

Terdiri dari berbagai macam jenis mineral dan vitamin seperti:
-           Kandungan vitamin C pada daun kelor bisa menjadi 7 kali lipat dari kandungan Jeruk   per 100 gram.
-          Kandungan vitamin A pada daun kelor  bisa menjadi 4 kali lipat pada wortel.
-          kandungan kalsium dalam daun kelor ternyata memiliki kandungan empat kali lebih banyak dibandingkan dengan kalsium susu.
Berbagai khasiat kelor diantaranya sebagai anti mikroba, anti bakteri, dan anti inflasi, infeksi, cacingan, bronchitis, gangguang hati, anti tumor, demam, anti oksidan, dan tonik. Selain itu daun kelor dapat digunakan sebagai pelancar air seni pada penderita Gonorrhoeae yaitu penderita penyakit kelamin. Selain itu akar daun kelor sebagai peluruh air seni, peluruh dahak, peluruh hais, penambah nafsu makan, pereda kejang. Kulit batang dapat mengobati sakit kepala. Bahkan menyebutkan bahwa daun kelor ini memiliki manfaat untuk mengendalikan virus herpes dan HIV/AIDS.
Tahukah anda daun kelor dapat mengobati 300 macam penyakit?. Dari penelitian baru-  baru ini telah membutikan bahwa sumber pengobatandengan kandungan gizi yang luar biasa. Bahkan dari tradisi kuno di India, ayurveda telah ditemukan 300 penyakit yang diobati dengan daun kelor.

Manfaat Daun kelor :
1.      Detoksifikasi – dapat mengeluarkan racun pada dalam tubuh.
2.      Perawatan Kulit -  Sebagai pengobatan terhadap luka gores, dan memar.
3.      Anti Inflasi – Dapat meringankan pembengkakan yang kronis
4.      Diabetes – Dapat menurunkan kadar dan mengontrol kadar gula dalam darah.
5.      Meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tingkat stress, terutama trauma, kecemasan juga dan kelelahan. Karena terdapatnya kandungan vitamin B complek yang cukup.
6.      Sebagai Obat Diare, disentri
7.      Sebagai penambah darah bagi seorang yang Anemia atau biasa disebut dengan kurang darah.
8.      Dapat meningkatkan Energi
9.      Rheumatik
10.  Sesak Nafas.


PENELITIAN TERHADAP KHASIAT DAN MANFAAT DAUN KELOR

1.        Sebuah penelitian melaporkan bahwa daun kelor dapat meningkatkan system kekebalan tikus putih yang disuntik obat kanker golongan chyclophospami 30 mg/kg. Umumnya kekebalan tikus menurun setelah disuntik obat itu. Pengamatan menunjukan tikus yang drop karena disuntik chyclophospami kembali pulih jika dibarengi pemberian extrak daun kelor 125 mg/kg, 250 mg/kg dan 500 mg/kg bobot tubuh. Tiga bobotnya ini secara signifikan meningkatkan jumlah sel darah putih sehingga kekebalan tikus membaik. .  ( sumber : trubus 100Plus Herbal Indonesia, Bukti Ilmiah dan racikan  )

2.        Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Prazuk et al dari groupe d’Etudes Epidemiologiques et Prophylactiques Villeneuve St Georges, Prancis disebutkan bahwa daun kelor merupakan sumber nutrisi yang kaya protein dan mineral. Nutrisi pada tanaman ini  dapat memicu system kekebalan tubuh alamai pada anaka -  anak pengidap HIV di Burkina Faso, Afrika Barat.  ( sumber : trubus 2011 kelor sejuta khasiat, Jakarta hal 20-21 )



   Sumber :  
- http://daunkelor.com/info-dan-berita/

- Moringa Nature’s Medicine Chest – Sanford Holst

- Majalah Trubus













   






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Daun Kelor"

Post a Comment